February 9, 2023

Seorang guru dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab yang tinggi serta kinerjanya harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara publik maupun akademik. Untuk itu dia harus memiliki landasan teoritik atau keilmuan yang mapan dalam melaksanakan tugasnya mengajar maupun membimbing peserta didik.  Dengan tuntutan seperti hal tersebut, maka seorang guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial yang meliputi gaji pokok, tunjangan fungsional, tunjangan khusus  dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai guru yang ditetapkan dengan prinsip penghargaan atas dasar prestasi.

Sebagai seorang profesional, guru harus mampu membuat professional judgement yang didasarkan pada data sekaligus teori yang akurat. Selain itu, guru juga harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik menjadi optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, guru harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya Best Practice.

Dengan latar belakang tersebut, maka SMAN 1 Ngluwar Bekerja sama dengan Universitas Ngudi Waluyo (UNW) menyelenggarakan  Pelatihan Best Practice menghasung para guru untuk menuliskan karya ilmiahnya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya. Pelatihan yang diselenggarakan pada hari Senin,18 April 2022 dengan diikuti oleh para pendidik dan tenaga  kependidikan SMAN 1 Ngluwar  dengan pembicara Rektor Universitas Ngudi Waluyo, Prof. Dr., Subyantoro, M.Hum.

Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk memberi motivasi kepada guru untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyusunan Best Practice, memberikan keterampilan langsung untuk melakukan penyusunan Best Practice, memberikan pemahaman kepada guru akan manfaat penyusunan Best Practice, berbagi pengalaman dalam penyusunan Best Practice dan Prestasi yang diraih oleh para penyusun Best Practice, dan mengenal potensi siswa yang dapat dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajarannya masing-masing.

 

Dalam kesempatan ini pula Ibu kepala SMAN 1 Ngluwar, Ibu Beny Sukandari, M.Pd, B.I mempresentasikan Best Practice beliau SI CETAR SAKO

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial